TWENTY THINGS ABOUT AOKO CANTABILE

495275_星星瓶子aloha…..long time no see everybody.

kali ini aku mau sedikit cuap-cuap mengenai alasan ketertarikan aku menjadi penulis *hohoho.. 😀

first of all, aku mau berterimakasih kepada my sweet little sisters ; the lovely Vris & my cute sister in law Firsie atas tag-nya sehingga aku tertarik &  berkewajiban untuk menulis self-reflect note ini 🙂 dan aku juga udah liat punya-nya adik absurd Acu -yg juga udah duluan menulis ini.

Tanpa bercoleteh banyak lagi, lemme introduce ma’ self

~Your real name?

  • ISTIQAMAH. *simple but meaningfull 🙂 , sometimes I put ‘Purnomo’ as my last name [that’s my father’s last name]. ISTIQAMAH secara etimologi berasal dari bahasa Arab – Istiqomah ; yang bermakna Teguh Pendirian. Tapi, ayahku berinisiatif untuk mentransliterasinya ke dalam bahasa Indonesia, sehingga namaku kemudian bertransformasi menjadi Istiqamah.
  • Penamaanku yang sangat sederhana itu *kata tante dan beberapa keluargaku 😉 , terinspirasi dari sahabat karib salah seorang tanteku. Ayahku berkeinginan nantinya aku bisa sesukses, sebaik dan secerdas teman tanteku. [berat ya harapannya? semoga saja, aku bisa memenuhi ekspektasi kedua orangtuaku nanti]
  • Dari kecil, aku selalu dipanggil ISTI/ IS/TI/pun komeng (ini nama ledekan keluarga & beberapa temen dekatku . Nah, semenjak masuk pendidikan pasca sarjana, nama panggilanku berkembang banyak menjadi ITSI, ISTIKOM, ISTIGHOSAH  dll. Awalnya sempat kesal karna nama menurutku fitrah dan doa dari orang tua, namun, sekarang-sekarang ini aku merasa itu adalah salah satu cara teman-temanku untuk menghargai dan menyayangiku. *duileh…

~Your current pen-name? When do you start using your current pen-name?

  • Pen-name ku Aoko Cantabile. Dan, aku menggunakan nama itu sejak aku memutuskan untuk aktif sebagai penulis.

~Story behind your pen-name?

  • Aoko berarti ‘gadis biru’ dalam bahasa Jepang. Aku terinspirasi menggunakan nama itu ketika aku membaca komik Magic Kaito. Disitu, dikisahkan Kaito Kuroba a.k.a Kaito Kid (sang tokoh utama, seorang pesulap sekaligus pencuri) memiliki teman kecil yang juga disukainya, dan bernama Aoko Nakamori. Hohoho… Sebenarnya secara karakterisasi, aku lebih menyukai tokoh-tokoh perempuan di manga semacam Sonoko Suzuki, Ran Mouri, Mikasa, Erza Scarlett ataupun Nico Robin, tapi karena arti dari Aoko dan kebetulan aku pecinta berat warna biru, aku kemudian berinisiatif menggunakan nama tersebut.
  • Cantabile berasal dari bahasa Italia dan sering digunakan dalam musik klasik sebagai instruksi. Cantabile sendiri bermakna dapat dinyanyikan –singable atau sweetly ; smooth singing style.  Aku menemukan istilah ini dari komik Nodame Cantabile dan entah kenapa suka aja ama karakter Nodame dan bagaimana dia dapat membuktikan kemampuan piano-nya kepada orang lain. Maka dari itu, aku berharap sosok pen-name Aoko ini manis seperti artiannya dan dapat membuktikan kemampuan menulisnya. Hehehehe 😀

~Where to find you?

~Why do you write?

  • Kenapa ya? Rata-rata alasan kenapa seseorang menyukai menulis adalah karena hobi membaca. Dan itu juga berlaku padaku. Hobiku membaca segala jenis buku *buku yg memiliki kegunaan ya maksudnya…Selain itu, aku senang saja berimajinasi jadi aku menuangkan segala apa yg terlintas dalam benakku dengan menulis. FYI, aku menekuni hobi menulis ini dari SMP. Dimulai dengan menulis cerita di buku diary sampe mengetiknya di komputer dan personal laptop.
  • Pengalihan dari stress. Nah, aku baru menyadari menulis sebagai pengalihan dari stress itu ketika menjalani masa skripsi. Konyol sih karena skripsi juga harusnya ditulis. Tapi, ketika sedang buntu ataupun stuck saat menulis skripsi, aku merelaksasi pikiran aku dengan menulis fiksi. Hahahahaha… write switch mode on istilah kerennya.
  • Curcol dadakan. Keuntungan menekuni hobi menulis adalah kita dapat menyalurkan curhatan hati kita secara tak tersirat dengan menulis. Ini sering aku lakukan baik ketika aku sedang sedih, frustasi, marah ataupun bahagia 😀
  • Dan pastinya, aku sedang mengembangkan kemampuan menulis sebagai bagian dari hidup aku. Aku ingin berbagi cerita, imajinasi, pendapat bahkan pemikiran aku melalui menulis. Maka dari itu, aku saat ini sedang memperbaiki gaya penulisan aku khususnya dalam genre non fiksi dan karya-karya ilmiah.

~Where do you usually get inspiration for your writing?

  • Pengalaman hidupku dan orang-orang di sekitarku (sahabat, teman, keluarga, saudara bahkan orang yg kebetulan lewat aja di depanku)
  • Buku (novel & komik), Film, Drama, Anime ataupun Lagu.
  • Quotes & Prompt
  • Mata kuliah kampus *ini seriusan lho, sangat berpengaruh
  • Mimpi

~Genre you usually write?

  • Slice of life
  • Fantasy & Sci-Fi
  • Crime, Dark, Thriller, Psycho, Psychology
  • Horror, Mystery

~Genre you usually read?

  • All of genre. Tapi, aku cenderung menyenangi fiksi-fiksi yang fantasy, sci-fic, mystery, historical based & psychology.

~Current interest in writing?

  • Riddle *karena sesungguhnya, otakku yg sederhana ini nggak bisa bikin teka-teki
  • Surrealism *aku pengen bikin cerita yg bisa memutar balikan fakta dan imajinasi pembaca
  • Dystopia * gegayaan aja kayak neng Suzzane Collins & Veronica Roth, Hahaha.. Sebenarnya karena aku berlatar belakang FISIP, aku pengen nulis fiksi berdasarkan kondisi dunia saat ini serta keprihatinan aku terhadap permasalahan-permasalahan global baik poverty, war, injustice, global warming, dll.
  • Karya ilmiah. Aku tengah berusaha mencoba menuangkan tulisan yang rada serius dalam bentuk artikel, opini, paper ataupun essai.

~Your typical favorite fictional character?

  • Kalo cewek, entah kenapa aku suka menyusupkan karakter diriku sendiri. Hahahaha.. Karakter yg easy-going, open-minded, friendly tapi sensitif dan moody.
  • Kalo cowok? aku suka nulis karakter cowok yg galak-galak namun perhatian pada karakter lawan. Tipikal yg tidak terlalu suka menunjukan rasa sayangnya tapi hangat dan bersahaja. *ngawur aja…

~Name your own favorite fiction(s) and the reason why?

  • Seconda Possibilita. Sebenarnya ini request fic untuk Kak Dell  <3, tapi aku suka aja dengan pembangunan ide, alur serta karakter disini.Anyway, aku nulis ini pas masa matrikulasi lho… jadi, aku takjub aja dengan diriku sendiri yang dihimpit tekanan dan waktu terbatas, namun bisa menulis fic seperti ini.
  • Battle Cry. Nah, fic ini juga aku dedikasikan kepada Vris <3. Ini salah satu dari project slipstream saga dan aku menantang diriku sendiri untuk menulis sci-fic. Hasilnya memuaskan dan aku senang readers banyak yang tertarik.
  • Self & Other. Fic ini merupakan salah satu challenge dari YGEFF dan aku kebetulan mendapatkan prompt yg luar biasa unik dari Sher. Berulang kali ganti ide besar, alur, karakter sehingga aku memutuskan menulis fic psychology & surrealism. Sempat mengalami kesulitan dalam mencurahkan maksud dan imajinasiku tapi akhirnya dapat tertulis dengan baik. Hehehehe.. 😀

~It might sound narcistic, but what’s something special from your writing

Woah… pastinya aku bakalan terkesan sombong atapun takabbur nih menjawab bagian ini.

  • Ide anti-mainstream kali ya? Aku sering mendengar orang-orang berkata ficku anti mainstream, jadi aku menyontek saja kata-kata mereka.
  • diksi yang dapat dipahami (maksa iih!) Sebisa mungkin, aku berusaha menulis sesuatu dengan harapan readers dapat mengerti maksud aku. Maka dari itu, aku mencoba menulis dengan bahasa yang tidak berbelit dan mudah dimengerti.

~Aspects you still feel lacking?

Nah, aku sangat-sangat membutuhkan kritik dan saran agar aku dapat berkembang menjadi lebih baik. Kusadari, aku masih memerlukan bimbingan serta nasehat-nasehat dari readers dan rekan-rekan penulis lain..

  • EYD yang baik, benar dan sesuai dengan KBBI.
  • Kalimat tidak efektif & tidak sesuai dengan penempatannya.
  • Penggunaan kata yang selalu diulang-ulang, kata ganti yang terbatas dan kurangnya kosa kata maupun diksi.
  • dan banyak hal lain yang perlu diperbaiki.

~Biggest challenge you’ve ever encountered when writing something?

  • WRITER BLOCK & MAGER. Musuh semua penulis.
  • Kebuntuan ide, yang memaksaku menunda ataupun tidak melanjutkan suatu karya.
  • Agenda yang tidak teratur serta tugas yang menumpuk. Aku masih berstatus mahasiswi yang memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan pendidikan. Pastinya, aku memprioritaskan kewajibanku terlebih dahulu.

~About your writing, what do you want to accomplish next?

  • Menyelesaikan un-finished projects.
  • Mencoba menulis lintas genre khususnya riddle, surrealism & dystopia.
  • Memperbaiki gaya penulisan khususnya dalam menulis non fiksi & karya ilmiah.
  • Mencoba menantang diri sendiri untuk mengikuti kompetisi menulis dan call for paper.
  • Menulis dalam bahasa Inggris.
  • Mengerjakan proposal tesis & tesis *ini yang resolusi yang paling dekat & semoga bisa memenuhinya secepat mungkin..

~What is something you usually avoid when writing?

  • Kalimat tidak efektif
  • Penggunaan kata yang selalu diulang-ulang.
  • Penempatan kata yang tidak sesuai dengan tempatnya.
  • Bahasa yang rumit sehingga readers tidak mengerti maksudku.

~What is something you really want to improve from your writing?

  • Tulisanku yang masih alay membutuhkan banyak sekali kritik dan saran. Nah, aku ingin menerapkan saran-saran dari ‘orang-orang yg peduli padaku’.
  • Read, read & always read. Jika aku ingin mengembangkan tulisan dengan lintas-genre dan menemukan variasi kosa kata & diksi, aku harus banyak membaca.
  • Kepercayaan diri. Ini adalah hal yang paling utama. Kepercayaan diri lah yang mengantarkan aku untuk bisa menulis fiksi-fiksi ini. Apabila aku ingin menantang diriku sendiri, aku harus memiliki kepercayaan diri.

~Do you have other interest aside from writing? And reasons why?

  • Public speaking. Saat ini, aku berada di tataran akademisi dan berkeinginan menjadi dosen *doain ya.. :). Kemampuan berbicara aku sangatlah payah -berbelit-belit dan tidak tertata. Nah, aku ingin mendalami public speaking.
  • Dance. LOL! Tapi, kurasa aku perlu belajar menari biar badan aku nggak kaku kayak kanebo kering. At least, aku bisa master satu tarian aja.. 😀
  • Bermain piano. Jika aku memiliki kesempatan dan waktu, aku berharap dapat belajar bermain piano. Waktu kecil, aku bisa main pianika (ngakak) trus ngebayangin seandainya, aku bisa belajar main piano.

~If you have ability to master one skill in one night, what skill will you choose?

  • Memahami karakter orang-orang dan dapat membaca verbal gesture seseorang. Ini terkesan sangat psikologi sekali sih. Tapi, aku berkeinginan menjadi pribadi yang menyenangkan dan bermanfaat. Pemahaman mengenai karakter orang-orang menghindarkan aku untuk menciptakan konflik ataupun kesalahpahaman.

~Protips from you for whomever read this?

Aku tak memiliki kapabilitas yang mumpuni serta akhlak yang baik untuk memberikan tips, nasehat, wejangan maupun petuah. Aku disini sekedar sharing saja dan berharap apa yang aku tulis ini menginspirasi kalian untuk menjadi lebih baik.

  • NEVER STOP DREAMING & DON’T STOP BELIEVING!!! Sesuai dengan wallpaper diatas, aku berupaya untuk percaya bahwa mimpi-mimpiku pasti akan dikabulkan Tuhan suatu hari nanti. Meminjam quote dari Bang Andrea Hirata dalam novel Laskar Pelangi : ‘Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.’
  • Lakukan sesuatu yang sesuai dengan passion kamu! Aku hingga saat ini menjalani kehidupan dan kegiatan yang sesuai dengan passionku karena melakukan sesuatu yang sesuai dengan kesenangan kita berdampak kita akan mencintai kegiatan kita itu dan mengerjakannya dengan hati yang riang.
  • Selalu bersyukur dan bahagia terhadap kehidupan yang telah digariskan oleh Tuhan. Karena  kemampuan bersyukur itu membuat kita lebih menikmati hidup.Percayalah, Tuhan merencanakan sesuatu yang jauh lebih indah daripada yang kita ancang-ancang. 🙂
  • Be Yourself! ‘Hidup dengan memakai topeng mungkin mudah. Tapi apa yang akan kau lakukan bila topeng itu hancur ; Alibi1q0q

 

Finally , aku berhasil menuntaskan challenge ini! Eureka!!!

Setelah berhari-hari aku tunda, akhirnya kelar juga self-reflect notes ini.

Berharap apa yang aku tulis ini mendorong aku untuk menjadi lebih baik lagi dan dapat memenuhi resolusi-resolusi yang aku susun di atas.

Nah, sekarang giliran notes ini berantai ke pihak lain…

akan ku teruskan kepada…….

  1. Dua owner blog tempat saya mangkal, 😀 [Asti  & Rika]
  2. Unnie ketje badai, Kak Dell
  3. My cute chingu, Diah
  4. Rekan Geng 94 nan absurd & rupawan , Mput, Ivy dan Eli
  5. Adek-adekku yang luthu dan menggemaskan , Rara dan Fira

Terima Kasih telah membaca sekelumit notes ini. Always healthy & be happy!

 

Warm Regard,

Aoko Cantabile

7 thoughts on “TWENTY THINGS ABOUT AOKO CANTABILE

  1. Pingback: Hai, Ren! | messy mind

Leave a Reply

